Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Malang Incar Pusat Ekspor Tuna

Malang Incar Pusat Ekspor Tuna

Posted by kabar on Saturday 28 November 2015

KEPANJEN,  Pemerintah kabupaten Malang mengincar posisi sebagai pusat expor ikan tuna di pantai selatan. Membuktikan malang bisa bisa menguatkan sebagai pebghasil tuna yang diperhitungkan.

Penghasil tuna berada di Pantai sendang biru, kecamatan Sumbermanjing Wetan. Ikan yang di hasilkan nelayan di tempat ini menjadi ikan export, Oleh sebab itu, dinas perikanan dan kelautan kabupaten Malang akan memaksimalkan potensi export ikan tuna,  salah satunya dengan membangun gudang pendingin, namun sayangnya tenaga listrik di tempat ini kurang memadai. Untuk membangun langkah ini membutuhkan tenaga listrik sekitar 120 kilovolt. Sedangkan di desa sendang biru ini belum memenuhi. 

Rencana dinas kelautan dan perikanan, pembangunan cold stronge akan di alihkan di lain tempat yaitu di daerah turen, menurut mereka lokasi tersebut sangat strategis dan pemasok listrik yang memadai. Pengangkutan ikan dari TPI sendang biru rencana akan di sediakan truck kontainer pendingin. Hal yang terpenting adalah ikan dilapisi Es sehingga kualitas ikan tetep terjaga.


Untuk pembangunan gudang pendingin atau lebih di kenal dengan cold stonge dan pengadaan truck pendingin, pemerintah Pemkab Malang akan memdapatkan  dana dsri APBN 2016 Rp. 4 miliar bila tidak ada kendala. Bila proyek ini sudah selesai Kabupaten Malang menawarkan diri menjadi freeder bagi para exporitir tuna. Karena pososi malang sangat strategis.

Karena berada di dua sentra ikan besar di pesisir pantai selatan, yaitu pantai prigi trenggalek dan Muncar di Banyuwangi.Diharapkan para expotrtir dari dua sentra ikan itu akan mwnfaatkan fasilitas yang ada di Malang.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 kabar. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger